Home / Keuangan / Pengetahuan

Kamis, 2 Juli 2020 - 09:00 WIB

Atur Keuangan Anda Selama Pandemi Corona Covid-19 dengan Cara Ini

Atur Keuangan Anda Selama Pandemi Corona Covid-19 dengan Cara Ini

Atur Keuangan Anda Selama Pandemi Corona Covid-19 dengan Cara Ini

Tahun ini kita di berikan kondisi yang kurang sehat oleh Yang Maha Kuasa. Baik dari segi kesehatan ataupun keuangan. Banyak Negara yang keuangannya merosot selama pandemic corona covid-19. Cobaan puasa bukan hanya menahan diri dari godaan makan dan minum, bergosip (ghibah) tetapi juga harus membiasakan diri untuk bekerja, belajar dan beribadah dari rumah.

Mengatur keuangan di tengah pandemi corona covid-19 juga menjadi cobaan tersendiri. Kita dapat lebih hemat karena tak perlu mengeluarkan uang untuk biaya transportasi ke kantor, nongkrong dan mudik untuk sementara waktu.

Walau begitu, sedikit orang mengetahui cara tepat atur keuangan dengan baik karena belum bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Ditambah lagi, hal ini bisa semakin parah dengan sifat yang cepat tergiur diskon.

Ada baiknya di bulan Ramadan dengan kondisi di rumah saja, kita semua mengetahui cara atur keuangan selama pandemi corona covid-19 agar tetap sehat

  1. Buat Anggaran Belanja
    Catatlah apa saja yang akan kita belanja.. Setelah seharian penuh berpuasa dan menahan lapar pasti terselip perasaan ingin makan banyak pas waktu berbuka. Jelas, hal ini dapat memicu keborosan terlebih jika makanan yang sudah dibeli tidak dihabiskan semuanya.
    Ada baiknya kita membuat daftar belanja apa saja yang kita butuhkan selama beberapa periode (sebulan atau seminggu). Kemudian buat anggaran belanja kita yang dapat menunjukkan naik turunnya perbelanjaan kita.
    Strategi ini walau sederhana tapi efektif untuk mengetahui kebutuhan hidup selama masa beraktivitas di rumah saja.
  2. Rencanakan budget untuk ramadhan
    Bulan puasa ini kita dituntut kondisi untuk tidak mudik dulu. Namun, bukan berarti kamu tak bisa melakukan persiapan lebaran. Bulan Ramadan merupakan gudangnya sale atau diskon besar-besaran di berbagai toko online dan offline. Kita tetap bisa belanja online untuk berbagi hadiah lebaran dengan keluarga walaupun kamu belum bisa pulang kampung.
  3. Tidak lupa menabung
    Jangan mentang mentang dirumah aja, belanja online kita menjadi jalan tol ya sahabat. Jika kita sulit menabung dan tak punya investasi, maka mulailah bulan ini. Bulan ramadan bisa jadi awal yang baik untuk menabung dan investasi karena di bulan ini juga kamu menerima uang THR (Tunjangan Hari Raya). Mungkin ada beberapa sahabat uang tidak menerima THR di masa pandemi corona covid-19 ini. Tak apa apa sahabat, jangan jadikan THR itu sebagai patokan yang membuat kita down. Mulailah menabung dari niat yang sepenuhnya dan tidak diambil seenaknya.
  4. Jangan Lupa menyumbang
    Walaupun kita juga di posisi yang tidak baik dalam keuangan, asalkan kita niat untuk menyumbang pastilah rejeki akan menjemput kita. Karena kondisi yang tak memungkinkan, kita bisa bersedekah secara online juga melalui aplikasi sedekah, dan ingat untuk sebisa mungkin hindari keluar rumah.
  5. cermat dan sabar dalam belanja
    Mengatur uang itu tak mudah tetapi ketika sudah dilakukan dan terbiasa kita tinggal menikmati hasilnya. Pastinya jangan lupa miliki kartu kredit, sebab kartu kredit akan sangat berguna dalam membantu menghemat biaya-biaya kebutuhan hidup sehari-hari di tengah situasi darurat corona.
    Semoga pandemi corona covid-19 ini cepat berlalu dan keuangan kita kembali menjadi normal. Banyak sekali sahabat kita yang di PHK dan kehilangan pekerjaannnya, so bagi sahabat yang masih mempunyai pekerjaan tetap bersyukur yaa.

Share :

Baca Juga

Bagaimana Cara Berpuasa Agar Tetap Sehat Ditengah Pandemi Corona

Kesehatan

Bagaimana Cara Berpuasa Agar Tetap Sehat Ditengah Pandemi Corona
Belanja Online Aman & Cermat Selama Pandemi Corona

Kesehatan

Belanja Online Aman & Cermat Selama Pandemi Corona
Kegiatan Produktif yang Dapat Anda Lakukan Dirumah Ketika Covid-19 Menyerang

Kesehatan

Kegiatan Produktif yang Dapat Anda Lakukan Dirumah Ketika Covid-19 Menyerang
Hasilkan Uang Selama Pandemi Virus Corona

Keuangan

Hasilkan Uang Selama Pandemi Virus Corona