Home / Wisata

Kamis, 16 April 2020 - 02:14 WIB

Rekomendasi Liburan Keluarga di Pulau Biak

Rekomendasi Liburan Keluarga di Pulau Biak

Rekomendasi Liburan Keluarga di Pulau Biak

Schouten Eilanden adalah nama orang Belanda yang menjadi orang Eropa pertama yang mendara di Kepulauan Biak-Numfor, kemudian nama tersebut dipakai untuk menyebut Kepulauan Biak Numfor pada masa pemerintahan Belanda hingga awal tahung 1960. Cerita lain datang dari penduduk asli yang mengatakan asal muasal kata Biak karena terjadi perseteruan antara warga klan Burdam dengan klan Mandowen yang berujung warga klan Burdam meninggalkan Pulau Biak yang pada saat itu disebut dengan nama Pulau Warmambo. Mereka berkeinginan untuk pergi ke suatu daerah yang sangat jauh hingga Pulau Warmambo tidak terlihat sama sekali dari pandangan mereka. Kenyataan yang terjadi dalam perjalanan merekan bahwa Pulau Warmambo selalu terlihat di atas permukaan laut setiap kali mereka melihat ke belakang. Hal tersebut membuat mereka berkata “v’iak” atau “v’iak wer” yang berati muncul lagi. Kata v’iak tersebut kemudian di pakai oleh klan Burdam untuk menyebut nama Pulau Warmambo. Pergeseran waktu membat pengucapan ka v’iak berubah menjadi Biak yang dipakai sampai saat ini untuk menamakan pulau tersebut.

Lokasi dan Akses Menuju Pulau Biak
Biak adalah pulau kecil yang terletak di Teluk Cendrawasih dekat sebelah utara pesisir Provinsi Papua, Indonesia. Posisi Biak berada di sebelah barat laut Papua Nugini. Untuk Pantai Bosnik terletak di sisi timur Pulau Biak tepatnya di Desa Woniki, Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Propinsi Papua. Pantai Bosnik berjarak sekitar 15 km dari pusat Kota Biak dan bisa diakses dengan mudah menggunakan ojek motor dengan tarif sekitar Rp. 20.000 – 30.000 untuk sekali jalan atau kamu juga bisa menyewa mobil yang bisa mengangkut 5 penumpang dengan tarif Rp. 350.000/hari untuk satu mobil.

Pulau biak masih punya tempat wisata yang wajib dikunjungi bagi para pecinta Burung dan Tanaman Anggrek karena di Pulau Biak terdapat Taman Burung dan Taman Anggrek yang berapa di Jl. Raya Bosnik Km. 12 Biak Timur, Desa Rim, Distrik Biak Timur Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua. Letak Tamna Burung dan Anggrek ini sangat mudah di jangkau dengan menggunakan angkutan umum dari Pasar Kota Biak yang memakan waktu sekitar 40 menit. Jalan menuju lokasi wisata ini sudah di aspal sehingga anda tidak perlu khawatir.

Baca Juga   Derawan, Tempat Wisata Dengan Seribu Keindahan

Bila anda ingin berkunjung dengan pesona Air terjun, anda dapat pergi ke Biak Utara tepatnya di Distrik Warsa. Akses menuju Air Terjun Wafsarak cukup mudah karena letaknya yang berada di pinggir jalan raya, namun untuk sampai ke lokasi Anda harus jalan kaki terlebih sejauh 200 meter. Anda bisa menempuh perjalanan dengan menggunakan mobil atau motor dari Kota Biak. Lama perjalanan sekitar 2 jam dari Kota Biak.

Wisata yang ada di Pulau Biak
Biak adalah pulau terbesar di antara rantai kepulauan kecil, serta mempunyai banyak atol dan terumbu karang. Pantai Bosnik merupakan pantai yang terkenal di Pulau Biak dengan pemandangan yang belum pernah anda rasakan di pantai manapun. Pantai berpasir putih dan banyak terumbu karang yang cantik menjadi daya tarik utama pantai ini.

Taman Burung dan Anggrek yang didirikan pada tahun 1984 memiliki berbagai koleksi burung hingga lebih dari 200 ekor terdiri dari 33 spesies termasuk seperti burung Cenderawasih, Kakatua Hitam, Kasuari, Mabruk dan Nuri. Untuk koleksi tanaman anggreknya taman ini mempunyai sekitar 60 jenis anggrek yang berjumlah lebih dari 1500 tanaman anggrek seperti anggrek Hitam, anggrek asli Papua dan Anggrek Raja.

Air Terjun Wafsarak atau sering disebut sebagai Air Terjun Warsa adalah tujuan yang dapat anda tambahkan dalam menu wisata anda di Pulau Biak. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 10 meter dan terdapat sungai dibawahnya. Warna hijau bercampur biru bisa anda nikmati di bawah air terjun Wafsarak. Anda dapat berenang dengan leluasa karena masih sedikit wisatawan yang berkunjung ke air terjun ini. Jangan membuang sampah sembarangan di lokasi ini bila tidak ingin mendapat teguran dari warga setempat. Warga setempat sangat menjaga kebersina Air Terjun ini, sehingga Air Terjun di sini selalu tampak bersih untuk di kunjungi. Berenang dan bermain di Air Terjun di sini sangat menyenangkan karena pemandangan di sini masih asri dan alami.

Baca Juga   Liburan Seru di Tanjung Bloam

Fasilitas dan Akomodasi di Wisata Nasional Pulau Biak
Pantai Bosnik mempunyai berbagai fasilitas yang bisa anda manfaatkan. Anda dapat ber-snorkeling, berenang atau berjemur di pantai ini. Disini juga terdapat penyewaan ban bagi anda yang belum mahir berenang dengan tarif Rp. 10.000,-. Terdapat banyak saung yang berada di pinggir pantai bila anda ingin bersantai dengan menikmati indahnya pantai Bosnik. Tarif saung Rp. 50.000,- bisa anda nikmati sepuas anda sambil bercanda ria dengan keluarga atau teman. Bosnik Beach Guest House adalah penginapan dekat dengan Pantai Bosnik bila anda ingin bermalam di dekat Pantai Bosnik.

Minimnya fasilitas yang berada di Taman Burung dan Anggrek ini yang hanya terdapat toilet, tempat bermain anak-anak dan pondok istirahat. Tidak ada penjual makanan dan minuman di Taman Burung dan Anggrek ini. Jadi jangan lupa untuk membawa bekal sendiri sebelum masuk ke Taman Burung dan Anggrek agar anda dapat menikmati berjalan – jalan dengan melihat Burung dan Anggrek dengan santai.

Tidak banya fasilitas yang di sediakan di Air Terjun ini karena di sini tergolong baru untuk Wisatawan. Jangan lupa membawa bekal dan tikar bila anda ingin piknik di pinggir air terjun.

HTM Wisata Nasional Pulau Biak
Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Bosnik kamu diharuskan membayar tiket sebesar Rp. 10.000.
Tiket masuk Taman Burung dan Anggrek dikenakan tarif Rp. 10.000,- per orang dengan jam buka dari pukul 07.00-18.00 WIT. Harga tiket menuju Air Terjun Wafsarak yaitu Rp 35.000,- per rombongan.

Punya cerita tersendiri saat berlibur di Wisata Nasional Pulau Biak dan anda ingin cerita tersebut di publish di BangkaLoka? Anda dapat mengirimkan cerita anda kepada kami di menu Kirim Pengalaman Wisata.

Share :

Baca Juga

Serunya Berpetualang di Ragunan

Wisata

Serunya Berpetualang di Ragunan
Air Terjun Salodik, Keindahan Alam yang Tersembunyi

Wisata

Air Terjun Salodik, Keindahan Alam yang Tersembunyi
Pasti Seru! Yuk Liburan di Curug Benowo dan Curug Lawe

Wisata

Pasti Seru! Yuk Liburan di Curug Benowo dan Curug Lawe
Pemandangan Taman Laut Olele Yang Akan Bikin Anda Melongo Takjub

Wisata

Pemandangan Taman Laut Olele Yang Akan Bikin Anda Melongo Takjub
Melihat Kembali Malin Kundang di Pantai Air Manis

Wisata

Melihat Kembali Malin Kundang di Pantai Air Manis
Liburan Mewah dan Hemat di Pantai Senggigi

Wisata

Liburan Mewah dan Hemat di Pantai Senggigi
Yuk Melayang di Danau Dua Rasa

Wisata

Yuk Melayang di Danau Dua Rasa
Derawan, Tempat Wisata Dengan Seribu Keindahan

Wisata

Derawan, Tempat Wisata Dengan Seribu Keindahan